Sejarah Dota 2 Jauh Sebelum Kelahirannya

Sejarah Dota 2 Jauh Sebelum Kelahirannya

Sejarah dota 2 wajib Anda ketahui jika Anda mengaku pemain sejati game ini. Dota 2 merupakan salah satu game bergenre MOBA yang paling populer di Indonesia dan juga mancanegara. Terbukti game ini sudah dimainkan hingga 1,2 juta orang. Belum lagi adanya The International, turnamen Dota 2 terbesar di seluruh dunia menambah pamor dari game ini.

Permulaan atau awalannya bagaimana genre ini terlahir, yang kemudian menyusul adanya DoTA, LoL, HoN, DoTA 2 dan jenis Game – Game MOBA lainnya yang tidak mungkin dan dapat satu persatu kami sebutkan karena terlalu banyak. Pembuat Custom Map yaitu AEON 64 yang telah mengawalinya dalam Game StarCraft dengan judul Aeon of Strife (AoS). Rupanya sesimpel itu saja.

Defense of The Ancient atau yang lebih dikenal dengan DOTA ini sebenarnya tidak lahir dan berdiri begitu saja. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi lahirnya game ini.

Image result for awal kemunculan game dota 2

  1. Bermula dari Starcraft dan Aeon of Strife.

    Lahirnya game Defense of The Ancient atau yang lebih dikenal dengan DOTA ini sebenarnya berawal dari modifikasi game bernama Starcraft Blood War dari seorang penggunanya, map modifikasi tersebut diberi nama Aeon Of Strife (AOS). Dalam AOS, player mengendalikan satu karakter dengan tujuan utamanya adalah untuk menghancurkan benteng inti dari musuh dibantu oleh pasukan bernama “Creep” yang dikendalikan oleh AI. Bermula dari situlah kemudian game bergenre MOBA lahir, genre ini merupakan perpaduan genre Action, Real Time Strategy dan Role Playing Game.

  2. Kemunculan Warcraft 3 dan kelahiran Dota.

    Kurang afdol rasanya memang jika membahas sejarah Dota 2 tanpa membahas sejarah Dota 1 terlebih dahulu. Di tahun 2002, Warcraft 3: Reign of Chaos dirilis oleh Blizzard Entertainment dan sempat menghebohkan para modder kala itu. Modder merupakan sebuah dari modifikator game. Game engine Warcraft lebih apik dibandingkan Starcraft dan tools modifikasinya lebih luwes. Kemudian pada saat itulah, seorang modder bernama Eul yang berusaha melakukan remake AOS ke dalam engine Warcraft ROC dengan memakai nama Defense of The Ancients. Dan kala itu, DOTA masih berada pada tahap Alpha dan hanya ada 5 player melawan 5 karakter hero.

  3. Icefrog dan DOTA 2.

    Ini sudah mendekati sejarah DOTA 2 atau bagaimana awal-awal kelahirannya. Tahun 2005, setelah update DOTA versi 6.00 dirilis, Guinso dan Pendragon kemudian memutuskan untuk mundur jadi modder. Proyek pengembangan DOTA pun kemudian dilanjutkan oleh Icefrog semenjak kemunculan map versi 6.01.

    Guinsoo dan Pendragon diketahui telah bergabung dengan Riot Games di tahun 2009 dan Icedragon masih tetap pada DOTA hingga tahun 2010. Tahun tersebut merupakan batu loncatan proyek pengembangan DOTA setelah Icefrog mengumumkan bahwa ia telah direkrut oleh Valve untuk mengembangkan sekuel DOTA menjadi DOTA 2.

Namun tahukah kamu bahwa kesuksesan Dota 2 tidak terjadi hanya dalam sehari? Perkembangan game ini sudah dimulai lebih dari sepuluh tahun lalu yang lalu. Bahkan beberapa dari kamu yang sedang membaca ini mungkin masih duduk di bangku taman kanak-kanak ketika ranah esport untuk DotA baru terbentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *