5 Game Yang Dilarang Beredar Di Suatu Negara

5 Game Yang Dilarang Beredar Di Suatu Negara

Walau hanya sebagai hiburan semata, beberapa negara terkadang tak mau beberapa game dipasarkan di negara mereka untuk beberapa alasan. Alasan paling umum game diblokir di negara tersebut adalah karena kekerasan yang berlebihan ataupun dianggap melecehkan negara tersebut. Berikut beberapa game yang dilarang dipasarakan di suatu negara :

  1. Grand Theft Auto

    Image result for Grand Theft Auto

    Game yang satu ini bisa dikatakan sukses dimainkan banyak orang. Tapi ternyata dibalik kesuksesannya, game yang menggunakan google maps ini dilarang di Australia dan Amerika Serikat. Grand Theft Auto ini bisa mengajarkan perampokan, kekerasan dan jual beli narkoba. Bahkan pada seri game ini terdapat adegan antara dua karakter yang melakukan hubungan seksual yang menyebabkan tim sensor memberikan peringatan pada game tersebut.

  2. Minecraft

    Image result for Minecraft

    Bagaimana bisa game family-friendly tentang berkreatif membangun apapun yang pemain mau ini bisa dilarang? Menurut kementrian di turki, game Minecraft mengandung banyak unsur kekerasan untuk game anak kecil. Menurutnya game tersebut mengajarkan anak kecil membunuh binatang dan monster untuk terus bertahan hidup dan melindungi kreasi mereka, yang bagi mereka bukanlah cara yang damai dan kreatif untuk mengatasi masalah. Mungkin suatu hari kita harus bersosialisasi dengan Creeper untuk tidak terus meledak didekat rumah buatan kita.

  3. Call of Duty

    Image result for Call of Duty

    Game perang ini tidak diijinkan beredar di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Rusia, dan Kuba.  Dilarangnya game ini di karenakan menyebabkan pergeseran yang tidak sesuai dengan sejarah. Pada Call of Duty menggambarkan lokasi dan waktu yang digunakan menggunakan tema perang di sebuah negara.

  4. Footbal Manager 2005

    Image result for Football Manager 2005

    Ternyata game tentang mengurus tim sepak bola juga bisa mempunyai dampak negatif dalam suatu negara. Football Manager 2005 dilarang di China karena membuat Tibet dan Taiwan sebagai dua negara yang berbeda. Maka dari itu ketika developer memutuskan untuk membuat versi baru tanpa Tibet masuk di salah satu daftar negaranya, China baru memperbolehkan game ini dipasarkan disana.

  5. Counter Strike
    Image result for Counter Strike

    Ketika mendengar Counter Strike diblokir di salah satu negara, kebanyakan kalian mungkin berpikir dikarenakan kekerasan di game, atau mungkin unsur terorisme, atau mungkin juga karena komen “GG EZ” yang bikin emosi. Namun Brazil memblokir CS untuk alasan lain, yaitu karena game satu ini memiliki user-made map yang merupakan representasi dari Favela. Bagi kalian yang tidak tahu apa itu Favela, Favela adalah daerah yang dipenuhi oleh rumah gubuk yang dimana tingkat kemiskinan juga kriminal di daerah ini sangat tinggi. Penjabat-penjabat di Brazil tidak mau dunia melihat daerah tersebut di-stereotip-kan dengan kekerasan dan kejahatan, dan memutuskan untuk memblokir game FPS populer ini. Untungnya game ini diperbolehkan rilis di Brazil pada tahun 2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *